Laman Terbaru

Sabtu, 01 Januari 2011

Tugas Pertemuan 11

WiMAX
WiMAX adalah singkatan dari Worlwide Interoperability for Microwafe Access, yang merupakan salah satu teknologi nirkabel pita lebar ( Broadband Wireless Acces / BWA) yang memiliki kecepatan lumayan tinggi hingga 70 MBps, dengan jangkauan yang luas,.dan juga dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband "last mile", ataupun backhaul. Hebat kan ??........WiMAX merupakan teknologi dengan open standar yaitu komunikasi perangkat WiMAX diantara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan atau tidak propierty.

WiMAX yang umum digunakan secara luas adalah type standar yang dikeluarkan oleh Institute of Electrics and Electronics Enginering (IEEE), sebagai contoh standar 802.15 Personal Area Network (PAN), kemudian type standar 802.11 untuk jaringan Wireless Fidelity (WiFi), dan standar 802.16 untuk jaringan Worldwide Interoperability for Microwave Access (WiMax).
Bahkan pada jaringan seluler juga telah dikembangkan teknologi yang dapat mengacces data overlay yaitu dengan jaringan suara, sebagai contoh GPRS, EDGE, WCDMA, DAN HSDPA. Masing-masing evolusi tersebut pada umumnya mengarah pada kemampuan dalam menyediakan berbagai macam layanan baru atau layana yang mampu menyalurkan voice, video dan data secara bersamaan (triple play). Dengan hal ini sehingga stategi pengembangan layanan broadband wireless dibedakan menjadi Mobile Network Operator (MNO) dan Broadband Provider (BP). Perbandingan beberapa karakteristik sistem wireless data berkecepatan tinggi dapat digambarkan oleh First Boston sebagai berikut :

WiFi 802.11g
WiMAX 802.16-2004*
WiMAX 802.16e
CDMA2000 1x EV-DO
WCDMA/ UMTS
Approximate max reach (dependent on many factors)
100 Meters
8 Km
5 Km
*
*
Maximum throughput
54 Mbps
75 Mbps (20 MHz band)
30 Mbps (10 MHz band)
3.1 Mbps (EVDO Rev. A)
2 Mbps (10+ Mbps fpr HSDPA)
Typical Frequency bands
2.4 GHz
2-11 GHz
2-6 GHz
1900 MHz
1800,1900,2100 MHz
Application
Wireless LAN
Fixed Wireless Broadband (eg-DSL alternative)
Portable Wireless Broadband
Mobile Wireless Broadband
Mobile Wireless Broadband


Trus apa perbedaan antara WiMAX dengan WiFi ?? Perbedaanya adalah mengenai standar teknis yang bergabung didalamnya. Yaitu apabila WiFi menggabungkan standar IEEE 802.11nya dengan ETSI (European Telecomunications Standard Institute) Hiper LAN sebagai standar teknis yang cocok untuk keperluan WLAN, sedangkan WiMAX sendiri merupakan hasil penggabungan antara standar IEEE 802.16 dengan standar ETSI HiperMAN.
Standar keluaran IEEE banyak digunakan meluas dinegara asal Amerika Serikat, sedangkan standar ETSI meluas penggunaanya di daerah Eropa dan sekitarnya. Untuk membuat teknologi ini dapat digunakan secara global, maka diciptakanlah WiMAX. Kedua standar yang disatukan ini memiliki spesifikasi yang sangat cocok untuk menyediakan koneksi berjenis broadband lewat media wireless atau dikenal dengan BWA.  
Keterangan lebih lanjut yaitu : bahwa WiMax sebagai teknologi yang berbasis pada frekuensi, kesuksesan WiMAX sangat bergantung pada ketersediaan dan kesesuaian spektrum frekuensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tuntutlah ilmu setinggi-tingginya', gapailah cita-cita yang kita impikan. Semangat, kesabaran, juga do'a adalah modal utama, jangan pernah putus asa